Posted on

YOYAKU.ID Di area hukum Amerika ada satu peraturan mengenai ” Aturan 25 tahun “.  Peraturan hukum ini berawal pada tahun 1970 sampai 1980 untuk  menghadang impor mobil dari pasar gelap. Sekarang untuk memasukan mobil impor ke Amerika hanya perlu memenuhi persyaratan hukum Federal dan  hukum negara bagian serta  perlu memenuhi peraturan keamanan kendaraan  dan peraturan polusi gas kendaraan.

Di Amerika, peraturan mengenai polusi gas kendaraan pada tahun 1970 sangatlah ketat, perubahan  mesin kapasitas besar ke kapasitas mesin kecil digalangkan pada saat itu. Dan, sejak tahun 1980 aturan hukum mengenai keamanan tabrakan bertambah di setiap negara bagian.

Lalu pada saat itu, sebagai payung hukum federal pada tahun 1988 ” Hukum kepatuhan keamanan mobil impor” diterapkan.  Seharusnya untuk mobil tahun pembuatannya lebih dari 25 tahun diharuskan untuk melaksanakan test tentang keamanannya. Tetapi dengan adanya hukum Federal itu, mobil impor mendapatkan keringanan tidak diwajibkan untuk melaksanakan tes keamanannya. Lalu, Hukum Federal Bidang Lingkungan pun mempertimbangkan untuk menerapkan kebijakan yang sama, tidak mewajibkannya dan menggulirkan dengan aturan hukum bagi mobil antik.

Tanggapan Jepang dengan “Aturan 25 tahun” , sering dilihat secara persfektif mengenai pencabutan aturan polusi gas tersebut. Tetapi, biaya mahal ketika mengimpor mobil tersebut dapat diperoleh negara dengan adanya pencabutan mengenai aturan keamanan tersebut. Karena kalau tidak, untuk mengeluarkan sertifikat lulus keamanan pada tes tabrakan mobil  memerlukan biaya yang sangat besar.

PASAR NEO KLASIK NAIK DAUN

Di Amerika ” Aturan 25 tahun ” menjadi perhatian publik salah satu alasannya adalah karena pengaruh dari film Wild Speed seri 1 sampai seri 3. Film Wild Speed dibuat pada awal tahun 90 sampai awal tahun 2000 dan menjadi fenomena sosial. Film tersebut mengambil syuting di tengah-tengah pantai barat Amerika dimana cikal bakal mobil modifikasi tersebut adalah mobil sport Jepang.

Mobil modifikasi yang menjadi mobil utama diambil dari Honda Civic dan Accura RSX (Integra). Lalu, Bagi masyarakat biasa  mobil-mobil Toyota 80 Supra, Mitsubishi 3000GT (GTO), Nissan S14 Silvia, Mitsubishi Lancer Evo, Subaru WRX・STI yang booming pada masanya, seperti hanya bisa dilihat saja tapi tidak bisa disentuh karena harga-harganya yang melonjak tinggi . Mobil-mobil Sport ini, dengan memakai ” Aturan 25 tahun ” bagi generasi 40 tahun dan 50 tahun menjadi alasan untuk bisa membelinya dan ada istilah  ” belanja bagi orang dewasa ” karena harganya yang super duper mahal. Karena di Jepang mobil-mobil Neo Klasik ini banyak dicari dan membuat harganya melambung tinggi.

 

Karena itu, ” Aturan 25 tahun ” bagi  pembeli luar Jepang untuk  onderdil service telah memciptakan pasar baru yang potensial.  Dan, karena didomestik Jepang pun market Neo Klasik telah mulai kembali bergeliat, maka onderdil After Sales mobil-mobil lama akan banyak dicari.

sumber : Web Cartop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *