Posted on

     YOYAKU.id Ban Gambot memang bikin motor terkesan lebih kekar dan macho, selain mendongkrak tampilan motor lebih gagah, penggunaan ban lebar juga membuat handling jadi lebih mantap dan nyaman.

 

     Logikanya, ban dengan ukuran lebih besar biasanya memiliki material lebih tebal sehingga benturan dan guncangan dapat diserap lebih baik. Meski begitu jangan sampai kebablasan memilih ban yang terlalu besar, apalagi dimensi ban tidak sesuai dengan ukuran pelek. Beberapa hal di bawah ini menjadi fakta ban gambot ternyata berbahaya buat harian. Simak baik-baik biar aman dan nyaman di jalan!

 

     Pemakaian ban yang terlalu besar sehingga nggak sesuai ukuran dan lebar pelek malah bikin ban kelihatan lebih membulat. Memang motor kalian bakal lebih kekar, tapi kalian tau kah kerugian pake ban gambot?

 

Traksi Minim Ban Donat !

     Ban yang ngedonat menyebabkan area kontak atau tapak ban tidak bisa menyentuh jalanan dengan sempurna. Hal ini sama bahayanya seperti motor yang menggunakan ban cacing. Padahal nih ya, saat melakukan manuver, motor sangat membutuhkan traksi dari ban agar dapat kontrol maksimal. Apabila ban tidak mampu mencengkeram jalanan, motor akan sangat mudah tergelincir, salah-salah terjadi kecelakaan! Nah lho? Terlebih kondisi jalanan yang basah dan tergenang air. Namun ada pengecualian untuk ban khusus pemakaian balap atau merk lain dengan varian sport. Ban golongan ini memiliki material kompon khusus yang berbeda pada masing-masing area.

     Kondisi ban standar seharusnya sudah diperkirakan aman dipakai, karena sudah dihitung benar oleh pabrikan. Ketika mengganti pelek, ukuran ban pun harus diperhatikan, setidaknya naik satu atau dua tingkat dari ukuran standar. Dengan begitu, jarak antara ban dan komponen terdekatnya tidak terlalu mepet, sehingga kemungkinan ban mentok spakbor lebih kecil.

 

 

Bensin Lebih Boros !

 

 Dengan ukuran yang lebih besar daripada ban standar pabrikan, tentu saja bobot ban gambot juga lebih berat. Hal tersebut mempengaruhi akselerasi motor menjadi lebih berat yang disebabkan momen puntir yang lebih besar. Makanya, secara otomatis pengendara akan menarik gas lebih dalam untuk meraih kecepatan yang diinginkan. Bukaan gas yang lebih lebar ini menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih boros dari biasanya. Belum lagi jika motor digunakan dikondisi jalanan yang menanjak dan berliku.

 

 

Komponen Penggerak Roda Lebih Mudah Rusak !

 

     Dari beberapa poin di atas, ada satu hal lagi yang menjadi fakta ban gambot ternyata cukup merugikan. Penggunaan ban dengan ukuran terlalu besar dalam jangka panjang menimbulkan pengaruh buruk pada komponen penggerak roda. Gear dan rantai menjadi lebih cepat aus. Bahkan pada motor matic, drive belt berumur lebih pendek dan lebih cepat melar karena penyaluran tenaga yang lebih besar.

     Gimana? Masih minat kan dengan ban gambot? Tampil macho dan maksimal di jalan memang penting, tapi masih banyak cara lain yang lebih praktis dan aman untuk tampil maksimal di jalan kok! Walaupun begitu, menggunakan ban gambot sebenarnya sah-sah saja jika kamu siap dengan konsekuensinya dan tidak bertindak gegabah, sebelum beli ban baru, riset seperti membaca artikel inilah yang dibutuhkan, supaya saat terkena dampak negatifnya, kamu tidak kaget dan tau cara menghadapinya bagaimana.

 

Penulis  & Editor : Michelle

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *